author Ihsan Arif | 1 minute

Cara konfigurasi OSPF pada Router Cisco

Salam sobat blogger, sudah lama tidak posting kembali di blog tercinta. Hari ini santekno akan memposting tentang cara konfigurasi routing protocol OSPF pada router Cisco dengan menggunakan Packet Tracer 6.

Teman-teman pasti sudah tahu routing dinamic OSPF ini, karena terkenal sekali di kalangan jaringan komputer karena routing protokol ini open source dan bisa digunakan pada router apapun dari mulai Router Cisco, Mikrotik, dan Juniper. Karena berbagai keunggulan yang ada pada OSPF maka routing protokol ini sangat mudah digunakan dan banyak sekali orang menggunakan routing protokol ini.

OSPF ini selain digunakan pada jaringan kecil tetapi bisa juga digunakan pada jaringan MAN (Metropolitan Area Network) yang lebih cepat untuk konvergensinya. Sehingga sobat blogger yang berkecimpung dalam dunia jaringan perlu paham tentang konfigurasi OSPF dari dasar sampai konfigurasi yang lebih komplek lagi.

Santekno akan memberikan tutorial tentang konfigurasi Router secara rinci dan konfigurasi yang santekno tutorialkan ini masih sederhana dan topologinya pun masih sederhana sehingga gampang untuk dipahami. Agar sobat bisa mengerti silahkan lihat video YouTube yang ada di bawah ini.

Cara Konfigurasi Static Route Cisco

Sudah paham sekarang?? bagi sobat blogger bagi yang mau lebih lanjut memahami bagaimana cara konfigurasi OSPF pada router Cisco, Santekno sertakan file simulasi dari packet tracer dan bisa di download secara gratis.

Silahkan download file .pkt di bawah ini : Download Konfigurasi OSPF

comments powered by Disqus