author Ihsan Arif | 1 minute

Cara Konfigurasi VLAN pada Cisco Packet Tracer

Salam sobat blogger, kali ini Santekno akan menjelaskan konfigurasi VLAN (Virtual LAN). VLAN adalah aplikasi yang digunakan pada jaringan komputer khususnya layer 2 dan perangkat yang digunakan adalah Switch. Santekno telah menjelaskan pada postingan sebelumnya yaitu Pengertian VLAN (Virtual LAN) dengan detail dan jelas.

Dan sekarang Santekno akan menjelaskan penerapanya pada Packet Tracer VLAN tersebut. Sesuai dengan topologi yang sudah dibuat dengan sederhana, konfigurasi VLAN ini disertai dengan tutorial yang lengkap diantaranya file Packet Tracer, file Konfigurasi serta Video tutorial yang sudah Santekno Upload di Youtube.

Sekilas mengenai VLAN adalah suatu aplikasi pembagi network yang bisa digunakan di Switch Layer 2. Biasanya Switch Layer 2 tidak mendukung aplikasi pembagi network karena pengenalan Network itu terjadi pada Layer 3 yang digunakan pada perangkat Router. VLAN cara terbaik untuk pembagian Network yang sederhana di dalam gedung yang berlantai ataupun tidak karena ini menangani masalah Local Area Network.

Bagi sobat yang sudah berikut ini adalah video tutorial cara konfigurasi VLAN pada Cisco Packet Tracer yang lebih rinci dan complete disertai dengan penggunaan router sebagai Penghubung antar network. Dan juga Santekno memberikan konfigurasi DHCP server di Router agar client tidak perlu memasukkan IP secara statik.

Cara Konfigurasi VLAN pada Cisco

Lebih lengkapnya lagi, silahkan download file .pkt di bawah ini : Download Konfigurasi VLAN

comments powered by Disqus