author Ihsan Arif | 1 minute

Macam-macam Optical Drive

CD-ROM

CD-ROM adalah drive yang hanya diperuntukkan membaca kepingan CD baik CD ROM, CD Audio, CD mp3, VCD, CD-Picture, dsb. Baik CD berukuran normal 12 cm atau CD Mini yang berukuran 8 cm.

CD RW

CD RW adalah drive yang memiliki kemampuan membaca kepingan CD dan juga mampu menulis di kepingan CD blank, kerennya burn.

DVD ROM

DVD ROM adalah drive yang bisa membaca kepingan CD dan juga mampu membaca kepingan DVD baik berupa DVD-ROM, DVD Movie, DVD Audio, dsb. Tapi hanya bisa membaca saja hampir semua jenis CD dan DVD kecuali DVD-RAM , yang biasanya membutuhkan drive DVD-RW

DVD COMBO

DVD COMBO adalah drive yang menggabungkan kemampuan DVD-ROM dan CD-RW, Drive ini mampu membaca kepingan CD dan DVD dan mampu menulis tapi hanya pada CD kosong.

DVD RW

DVD RW merupakan drive mampu membaca semua jenis CD dan DVD dan juga mampu membaca DVD-RAM dan juga mampu untuk menulis pada semua jenis kepingan, baik CD kosong, DVD kosong, dan juga DVD-RAM.

BD-ROM

BD-ROM merupakan drive lengkap yang ada di pasaran ini karena bisa membaca DVD dan juga Bluray. Film-film High Definision biasanya memakai Bluray Disk dan drive ini bisa membaca Bluray disk tersebut tetapi tidak bisa menulis Bluray disk.

comments powered by Disqus