
Golang JSON 09 Penggunaan Streaming Encoder
Pengenalan Stream Encoder
Selain JSON Decoder, pada package JSON ini juga bisa mendukung Encoder yang digunakan langsung JSON ke dalam io.Writer
. Maka dengan begitu kita tidak perlu menyimpan JSON datanya terlebih dahulu ke dalam suatu variabel string
atau []byte
, jadi kita bisa langsung saja menulis ke dalam io.Writer
.

Golang JSON 08 Penggunaan Streaming Decoder
Pengenalan Stream Decoder
Pada artikel sebelumnya kita pernah belajar package JSON dengan menggunakan konversi data JSOn yang sudah dalam bentuk variabel dan data string atau kita pakai []byte
. Kadang-kadang data JSON itu berasa dari input berupa io.Reader yaitu bisa dalam bentuk file, Network ataupun request body. Maka kita bisa saja langsung membaca semua data tersebut terlebih dahulu lalu simpan di dalam suatu variabel dan baru kita konversi dari JSON, namun ini kita tidak perlu melakukannya karena pada package JSON memiliki fitur untuk membaca data dari Stream
.

Golang JSON 07 Penggunaan Maps
Penggunaan Map
Saat kita menggunakan JSON kita kadang menemukan kasus data JSON yang dinamis yang artinya atribut yang dibentuk JSON tidak tentu, bisa bertambah bisa berkurang dan bahkan tidak tetap. Maka kasus seperti ini jika kita unmarshal
menggunakan Struct akan menyulitkan karena pada struct kita harus definisikan semua atribut-nya.

Golang JSON 06 Mengenal JSON Tags
Pengenalan JSON Tags
Secara default jika kita membuat struct dan di marshal akan dimapping sesuai dengan nama atribut yang sama dan case sensitive. Lalu bagaimana jika kita ingin membedakan style antara penamaan atribute pada struct dengan yang di convert ke dalam JSON? Misalkan pada struct kita menggunakan PascalCase
tetapi pada JSON kita ingin menggunakan snake_case
. Untuk mendukung hal tersebut maka package json sudah mendukung Tags Reflection yaitu tags yang bisa menyesuaikan nama json yang nanti akan kita convert ke dalam JSON tersebut sehingga tribute yang ada di struct itu akan di konversi sesuai dengan penamaan ke dalam JSON.

05 Mengenal JSON Array
Pengenalan JSON Array
Selain JSON berbentuk Objek, biasanya dalam JSOn juga kita bisa menggunakan tipe data Array. Sebenarnya array JSON itu mirip seperti yang ada pada JavaScript yang mana di dalamnya terdapat tipe data primitif atau tipe data komplek seperti array objek.

04 Mengenal Decode JSON
Pengenalan Decode JSON
Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar encode JSON dan cara membuat JSON Object, maka selanjutnya kita akan mempelajari bagaimana untuk mentranslate dari JSON objek menjadi ke dalam objek struct pada Golang. Konversi dari JSON ke dalam Golang objek struct ini sering kita sebut dengan decode
.

03 Mengenal JSON Objek
Pengenalan JSON Object
Pada artikel sebelumnya kita sudah mempelajari encode data seperti string
, number
, boolean
dan tipe primitif lainnya. Tetapi ada satu case pada unit test yang dibuat berupa struct objek. Nah pada kali ini kita akan lebih dalam lagi mempelajari objek dari JSOn tersebut. Data JSON bentuknya objek dan Array sedangkan valuenya bisa berupa objek lagi atau langsung data dengan tipe primitif lainnya.

02 Encode JSON
Pengenalan Encode JSON
Bahasa Golang sudah menyediakan fungsi untuk kebutuhan konversi data JSON yaitu kita bisa menggunakan fungsi ini

01 Pengenalan Package
Pengenalan JSON
JSON singkatan dari JavaScript Object Notation yang merupakan struktur format data yang bentuknya seperti Onject dari JavaScript. JSON ini merupakan format data yang paling banyak digunakan saat ini untuk membuat RESTful API. Semua bahasa pun bisa menggunakan format JSON ini karena bisa menjadi standar format agar bisa komunikasi antar service walaupun menggunakan berbeda bahasanya. Misalkan satu service menggunakan Golang dan service lainnya menggunakan Java, maka agar bisa berkomunikasi dengan baik maka perlu format yang sama yaitu salah satunya JSON ini yang bisa menyeragamkan format dari kedua bahasa tersebut yang ada pada service kita. Anda bisa kunjungi https://json.org/json-en.html jika ingin lebih lanjut mengempelajarinya.

08 Membuat Middleware Router
Pengertian Middleware
HttpRouter adalah library untuk membuat http router saja tidak memiliki fitur-fitur lain selain router dan router ini merupakan implememntasi dari http.Handler
bawaan dari Golang sendiri sehingga untuk membuat middleware kita bisa membuatnya sendiri seperti yang pernah kita buat pada Golang Web postingan sebelumnya yaitu
HTTP Middleware.

07 Menangani Method Not Allowed
Pengertian Method Not Allowed
Ketika kita menggunakan ServerMux, kita kita tidak bisa menentukan HTTP Method apa yang akan kita gunakan pada Handler. Namun pada Router yang sedang kita gunakan ini, kita bisa menentukan HTTP Method apa yang ingin kita gunakan sehingga pada client akan mengirim method yang sesuai dengan router yang sudah kita tentukan. Jika tidak sesuai dengan ketentuan pada Router maka akan terjadi error Method Not Allowed.

06 Menangani Halaman Not Found
Pengertian Not Found Handler
Selain Router bisa mengendalikan panic
, dia juga bisa memiliki handler untuk halaman not found atau sering kita sebut halaman tidak bisa diakses. Not Found handler adalah handler yang dieksekusi ketika client mencoba melakukan request terhadap halaman atau URL website kita yang memang tidak terdapat di dalam Router service kita. Secara default, jika tidak ada route maka akan tidak ditemukan, tetapi Router akan melanjutkan request tersebut ke http.NotFound
, namun kita juga bisa mengubahnya menjadi halaman router tertentu dengan cara mengubah